Wednesday 8 November 2017

Forex halal ke haram


Melabur dalam ASB, ASN harus: Fatwa Sumber. Berita Harian - 4 lutego 2008 r. KUALA TERENGGANU: Majlis Fatwa Kebangsaan semalam memutuskan hukum melabur dalam Skim Amanah Saham Nasional (ASN) i Amanah Saham Bumiputera (ASB), termasuk pembayaran dzielą dan bonusnya, adalah harus. Berikutan itu, umat islam tok członek grupy rage-rage mengenai status pelaburan kedua-dua skim berkenaan. Pengerusi Majlis Fatwa Kebangsaan, profesor Datuk dr Abdul Shukor Husin, berkata keputusan itu dibuat selepas pihaknya meneliti i mempertimbangkan semua kesan daripada pelaburan berkenaan. Beliau berharap tiada pihak membangkitkan lagi iso kononnya hasil skim pelaburan itu haram.8220Umat islam boleh menyertai skim pelaburan ini tidak peru rage-teraguar status pelaburan yang dibuat serta dividen atau bonusnya, 8221 katanya pada sidang media selepas mempengerusikan Muzakarah Jawatankuasa Fatwa Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Islam Malezja ke-80 di sini. Hadir sama, Ketua Pengarah Jabatan Kemajuan Islam Malezja (Jakim), Datuk Dr Muhamad Datuk Szejk Abdul Aziz i Setiausaha Jawatankuasa Fatwa, Datuk Wan Mohamad Sheikh Abdul Aziz. Muzakarah selama tiga hari itu dihadiri semua mufti. Pelaburan saham menerusi Internetowy haram Sumber. utusan. my - 12 kwietnia 2007 r. KUALA TERENGGANU 12 kwietnia 2007 r.: Sebarang pelaburan saham melalui Internet yang menjamin keuntungan sekara tetap adalah haram kerana ia mengandungi unsur riba dan gharar (keraguan), demikian diputuskan oleh Majlis Fatwa Kebangsaan hari ini. Pengerusi Majlis Fatwa Kebangsaan, Prof. Datuk dr Abdul Shukor Husin, menasihatkan umat Islamski rząd wyznaczył swą misję w celu zaspokojenia swoich potrzeb, seperti yang ditawarkan oleh Swiss Cash Mutual Fund, kerana masih banyak alternatif yang berlandaskan Islamski yang boleh disertai untuk mendapatkan pulangan kewangan. Setiap isu hangat atau berita panas seperti skandal artis, kisah kontrargumenty atau cerita sensasi yang disiarkan diblog ini teleporty kubańskie i disuning semula supaya członkowie mali i aib kepada individu berkaitan. Semoga pendedahan ini akan memberi pengajaran kepada kita semua supaya jangan melampaui batas dalam pergaulan i mana-mana urusan harian. Sebelum ini persoalan membabitkan hukum Forex haram atau halal acapkali menadżer i persoalan dikalangan apa yang boleh kami istilahkan sebagai 8220kaki forex8221. Dan tahun lepas pun JAKIM telah menganjurkan Muzakarah Ahli-Ahli Majlis Penasihat Syariah Institusi Kewangan bagi membincangkan perkara-perkara seperti: Kefahaman Umum Terhadap Perdagangan Mata Wang (Forex) and Kedudukannya Dalam Syarak Perdagangan Mata Wang (Forex) and Pandangan Syarak Mengenai Pegendaliannya Perdagangan Mata Wang (Forex) Kedudukannya Dalam Undang-undang dan Kesannya ke atas Ekonomi Dan hasil daripada muzakarah tersebut terrappai rumunia i kesimpulan yang telah dicapai antaranya ialah: Jual beli matawang diharuskan oleh syarak, namun perlu mematuhi dawabit tertentu selain menggelakkan unsur-unsur-unsur syibh riba , tipu daya, judi, qabd yang tidak jelas i gharar dalam operasi spot forex secara individu melalui platform elektronik. Operasi spot forex ini juga nie doszła do skutku z dari sisi undang-undang Kerajaan Malezja Walaubagaimanapun, semalam satu ketetapan telah dibuat przez Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan mengenai Forex. Hukum Forex. Haram atau Halal KOTA BHARU: Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan memutuskan umat Islamski haram mengamalkan sistem perniagaan pertukaran wang asing. Pengerusi Jawatankuasa itu, Tan Sri dr Abdul Shukor Husin, berkata ini kerana perniagaan yang dilakukan melalui perkusja wang asing (forex) seperti itu tidak menopati hukum syarak i menambulkan keraguan di kalangan umat islam. 8220Hasil kajian Jawatankuasa ini, kita dapati perniagaan yang membabitkan pertukaran wang asing membabitkan spekulasi mata wiwatować w berawanian dengan hukum Islam.8221 8220Oleh itu, Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan pamutuskan bahawa umat Islamski diharamkan daripada mengamalkan sistem perniagaan cara demikian, 8221 katanya kepada pemberita selepas mempengerusikan mesyuarat Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan Ke-98 di sini hari ini. Abdul Shukor berkata, banyak isu yang meragukan mengenai perniagaan pertokaran wang asing, obojętny islam islam to jest to, co jest w stanie zdrowia, jeśli chodzi o to, że jest to penggunaan internet di kalangan individu yang menyebabkan untung rugi tidak menentu. 8220Lain-lain jenis perniagaan perkusja wang asing, seperti melalui pengurup wang atau dari bank ke bank dibenarkan. kerana ia tidak menimbulkan spekulasi mata wang atau untung rugi yang tidak menentu, 8221 katanya. Beliau berkata, keputusan lain yang turut dicapai dalam mesyuarat itu ialah mengharuskan umat islamu membuat pelaburan atau membuat simpanan melalui Skim Sijil Simpanan Premium yang dikendalikan Bank Simpanan Nasional (BSN). Katanya, keputusan itu dibuat selepas jawatankuasa berkenaan berpuas hati dengan kaedah pelaksanaannya melalui takudat yang disampaikan oleh pihak karne syariah Bank Negara pada muzakarah itu. 8220Pada mulanya, kita meragui tentang kaedah pelaksaaan skim itu tetapi kita berpuas hati selepas sistem perniagaan skim itu ditukar konsep islam iaitu Mudharabah, 8221 katanya. 8211 BERNAMA Dahulu secara faktanya antara sebab ekonomi Malezja pernah jatuh tahun 19971998 adalah tindakan kerajaan Malezja bermena forex antarabangsa yang 8220duduk dalam sistem kapitalis8221 sehingga telah memberkisja kepada spekulant George Soros nietykalny ekonomi Malezja. Bagi kami ketetapan yang telah diberikan olehs Fatwa Kebangsaan menunjukkan melahirkan pendirian mereka terhadap satu-satu kemusykilan untuk dijadikan panduan tambahan kepada umat islami malysia hari ini. Dan tindakan Majlis Fatwa meletakan hukum Forex haram itu dibuat setelah merekaat kajian yang mendalam kajian itu tak bermakna dalam kajian dilakukan sekara tergesa-gesa dan dibuat dalam tempoh sehari dua. Yang berada dalam Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan ini pun bukannya sebarangan orang. Kalangan ulama dan yang ada pengetahuan tinggi dalam ilmu agama. 8220Adakah kita mahu terus menunggu jawapan yang kita ingini barulah kita akan terima amp berpuas hati dengan ketetapan daripada kalangan yang pengetahuan tinggi dalam agama terutamanya hukum8221 Cuma kalau boleh selepas ini besarlah harapan kami sendiri supaya Jawatankuasa Kebangsaan Malezja jenguklah-jenguklah sistem perbankan di Malaysia hari ini melibatkan beberapa persoalan yang telah membelengu rakyat Malezja secara umum dan um Islam Islamska Malezja amnya. Kami mahu lihat sendiri apa pendirian Jawatankuasa Kebangsaan Malezja mengenai soal-soal yang melibatkan Sara 1Malaysia. kadar faedah yang dikenakan pihak bank kepada pelanggannya selama ini, PTPTN caj pelajarnya dikehendaki bayar balik lebih dari jumlah pinjamannya. Dan mungkin kalangan anda sini mahu menambahnya Samada kerajaan nak ikut atau tidak itu perkara nombor 2. Yang penting kami mahu melihat sendiri ketetapan Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan terlebih dahulu. PS. Apa respon anda sebaik Jawatankuasa Fatwa Kebangsaan menfatwakan hukum Forex haram kenape mufti cuma keluarkan fatwa haram secara terpilih. banyak yang haram. contohnya. main saham tue pun haram. pasal kerugian tak menentu. urusniaga tertangguh. sume bank yang menawarkan simpanan ataupun secara pinjaman secara riba jutama patat difatwakan sekara jelas ttg pengharamannya. kenape mufti selalu mengeluarkan fatwa mengikut keuntungan kerajaan semata-mata. jikalau kerajaan tidak mendapat keuntungan apa-apa daripada urusniaga tersebut. maka difatwakan HARAM. manakala urusniaga yang sudah terang-terangan mengandungi riba tidak difatwakan sebagai HARAM. nie ler mufti dunia. takut hilang jawatan. merujuk pada fatwa yg dkeluarkan. forex adalah haram kerana.1.spekulasi.2.intenet individu.3.keuntongan tdak menentu. soalanya..dimana bezanya dngan pasaran saham bskl..tolong jelas kanKemarin saya berkunjung ke rumun sahabat akrab saya, semenjak dia menikah sudah hampir 2 tahun ini tidak pernah bertemu. Entah mengapa tiba-tiba kemarin saya teringat i ingin sekali menemuinya, lalu saya putuskan untuk pergi. Sesampainya disana kita bercerita banyak, dlm percakapan tersebut saya sempat menawarkę diakrytyczną bergen dennen bisnis yang saya geluti sekarang yaitu perdagangan berjangka komoditi atau salah satunya FOREX Trading. Lalu dia berkata. 8220Apakah bisnis yang kamu tawarkan itu HALAL buat saya. saya tidak mau beli uang dengan uang, klo soal resiko bisnis itu biasa dan ada dalam setiap usaha.8221 tambahnya lagi. Waduh. dengan jawabannya saya jadi bingung .. (PUYENG), kalo boleh jujur ​​sebagai muslim saya juga tidak mau bergenut bisnis yang bertentangan dengan aturan kaidah hukum agama. Dan saya menjawab. 8220Oke brooo. nieprzyjaciela się nie mówić bisa menjawab pertanyaa kamu terus sayę tidak mau ambil resiko kalo untuk masalah ini. besok saya akan kesini dan menjawab pertanyaan dari kamu, saya pelajari dulu lebih dalam.8221 Setelah itu saya pamit pulang, ditengah perjalan dan sesampainya dirumah saya selalu berpikir 8220saya harus mendapat kan jawabannya8221 Saya surfing and bertanya ke embah Zarejestrowani użytkownicy mogą pobierać wiadomości na temat innych stron, . Ternyata ini hanya merupakan hasil laporan seminarium yg dihadiri dari kaum intelektualiści, pedagang berjangka komoditi, dan Ulama. Berikut isi l aporannya: SEMINAR nasional 8220PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI DITINJAU DARI SEGI HUKUM ISLAM8221 Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonezja (FH UII) Yogyakarta Telacha mengadakan Seminar Nasional Perdagangan Berjangka Komoditi Ditinjau dari Segi Hukum Islam di Yogyakarta pada tanggal 13 września 2001 r. Pembicara dalam seminarium tersebut adalah drs. Ridwan Kurnaen, MBA. (Bappebti), dr. Hasan Zein Mahmud, MBA. (PT. BBJ), prof. Dr hab. H. Asmuni Abdurrohman (MUI Pusat), dr. H. Abdur Rachim (IAIN SUKA Yogyakarta), dr Syamsul Anwar, mgr inż. (IAIN SUKA Yogyakarta), prof. Dr Juhaya S. Praja, M. Ag. (IAIN Bandung), Jawahir Thontowi, SH. Ph. D. (FH-UII Yogyakarta), dan Zainul Arifin, MBA. (Institut At-Tazkiyah Dżakarta). Peserta dalam seminarium tersebut sekitarne 100 orang terdiri atas wakil-wakil dari Universitas Dari Propinsi DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Lampung, i Sulawesi Selatan, serta wakil-wakil from Pondok Pesantren, Pemda DIY, i sebagainya. Pokok-pokok pikiran serta rekomendasi dari seminaryjka adepta sebagai berikut: Perdagangan Berjangka Komoditi sebagaimana diatur dalam UU nr 32 Tahun 1997 tanggal 5 Grudzień 1997, berdasar nas-nas Al-Qur8217an dan Hadits Nabi, serta pendapat para ulama fiqih, tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah Islamski (muamalah) Meskipun kalangan ulama Syahi8217i berpendapat, dengan menggunakan konsep-konsep akad istitsna, perdagangan Berjangka Komoditi tidak dibenarkan karena bertentangan dengan kaidah umum yaitu tentang obyek transaksi harus nyata, namun, menurut Ibnu Taimiyah, larangan menjual barang yang belum ada tersebut bukan karena tadak adanya barang itu, melainkan karena tidak jelas, apakah barangnya nanti dapat diserahkan ataukah tidak. Apabila barangnya Belum Ada tetapi Ada jaminan dapat diadakan atau diserahkan kemudian, maka Hal ITU diperbolehkan Perdagangan Berjangka Yang dikembangkan pada masyarakat kontemporermodern mendapat dukungan kaidah fiqih, utamanya Dari sisi 8220istihsan8221 dan atau 8220mashalihul mursalah8221, yaitu tuntutan kebutuhan ekonomi nowoczesne (perdagangan) dan perlindungan para petani (masyarakat). Perdagangan Berjangka Komoditi tidak mengandung hal-hal yang bertentangan atau dilarang oleir Syariat, karena: perdagangan berjangka adalah resmi (legalne), mempunyai aturan yang jelas dalam peraturan-perundangan Perdagangan berjangka tidak mengandung spekulasi (dalam arti untung-untungan), tetapi justeru dengan lindung nilai (hedging) i pembentukan harga (wykrycie cen) memberikan perlindungan kepada para petani-produsen Perdagangan berjangka memiliki fungsi sosial-ekonomi, yaitu perlindungan kepedingan i kesejahteraan masyarakat, berbeda dengan perjudian atau hazardu, mengandung unsur untungan dengan resiko yang tinggi serta tidak memiliki fungsi ekonomi bagi kesejahteraankamaslahatan masyarakat secara umum. Menurut Yusuf Musa, perdagangan berjangka tidaklah tepat apabila dikategorikan sebagai 8220salam8221 dikarenakan banyak perbedaannya, diantaranya Adanya syarat penyerahan harga kakai akad dilakukan, sehingga perdagangan berjangka lebih tepat dikategori sebagai akad jual beli. Untuk memperoleh kejelasan yang lebih szczegółowo tentang pandangan Hukum Islam terhadap Perdagangan Berjangka Komoditi ini, kegiatan seminarium ini peru ditindaklanjuti dengan kajian yang lebih mendalam dalam bentuk warsztat yang melibatkan para pelaku, serta pihak-pihak yang sekara langsung terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi ini. (sumber bappebti. go. id) Menyimak dari laporan di atas. Bagaimana menurut menedżer, autor: FOREX itu HARAM atau HALAL8230. Złożony przez Benny Andhika Jam 1:53:00 AM Blog Artikel Blog: 50 Komentarzy: Bagaimana Pendapat Anda, FOREX TRADING Halal atau Haram. ya itu dia. kl forex trading tidak legal. maka bisa di artikan haram. kondisinya mereka punya aturan main dengan kata lain tata tertib yang harus di patuhi. dan resiko ap yang bakal di peroleh. kl meneurut saya mah sah2 aja. malah kl yang mau di pertanyakan konsep bank. apakah riba. Masih ada wskazuje akhir yang perlu ditegaskan bro. Yang ini neh: Untuk pamperoleh kejelasan yang lebih szczegółowo tentang pandangan Hukum islam terhadap Perdagangan Berjangka Komoditi ini, seminarium kegiatan ini peru ditindaklanjuti dengan kajian yang lebih mendalam dalam bentuk warsztat yang melibatkan para pelaku, serta pihak-pihak yang sekara langsung terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi ini. ntr. ntr. gw nanya dulu ama ustadz gw dulu. on. on .. Alow bro, menurut saya Haram atau tidaknya gampang bangok kok dilihatnya. pertama khan kalo haram tuh biasanya sesuatu halu pekerjaan i keuntungan yang diraih tanpa kerja keras seduitpun atau tiba2 untungnya gede layaknya permainan judi yang hanya mengandalkan uczucie atau keberuntungan itu bisa disebut HARAM. Itu dari segi agama lho. Terus jika meraup keuntungan tiba-tiba dan besar secara kaget begitu udah pasti RIBA Tapi maaf yah saya bukan kontra dengan Forex, saya juga Pro kok, karena saya juga bermain disana, yang intinya saya tidak merugikan orang lain, alias main pakai uang sendiri i endak memainkan uang orang lain, rugi ya rugi Sendiri, nieśmiertelni keluarga dan orang banyak. Begitu ajah. Sekian. Hormat Grak Sepertinya seh mengarah ke haram ya, soalnya kan tebak2an juga waktu transaksi, bisa saat itu untung bisa rugi, gak jauh dengan judi. Tapi itu kan sebatas pandangan saya yang awam lho hm. Forex. ririn ga ngerti nih. jadi. sist, bro..pdagangan berjangaka itu gimana (hehe, maap2.abis, dipostingnya ga dijelasin, trus di pelajaran ekonomi sma juga ga ada). hehe .. Waduh, saya gak ngerti tuh, bro. ya, Ikuti hati nurani aja. Selalu ada dua sisi yang bertentangan. Sekarang tergantung pilihan kita aja, hehehehe. Pilihan itu masalah personal kan Aku ga terlalu paham dengan Forex, jadłospis z akam bilang bahwa itu halal ato haram. Lebih baik tanya dengan orang yang lebih paham hukum islam (misal alim ulama), selain itu tanya ji noi tanya pada hati kecil kita sentiri. Jangan tanya mbah Google, mana tau dia. On .. he..bercanda. D Waaahh. aku juga gak terlalu paham dengan Durex. eh salah Forex mas. jadinya gak bisa urun rembug. Lhaaa. kalo orang ngeblog tuh kira-kira dapet pahala gak ya mas Kalo menurut pendapat saya, sah2 aja kok. Haram itu bisa diartikan kalo kend kang mendapatkan uang secara ilegal (contoh: nyuri nyopet, ngrampok dsbny ..) Nahh..kl FOREX khan ada proses jual-beli. Prinsip org berdagang adalah, beli dg mura lalu jual dg harga mahal. Kesimpulannya, FOREX juga bagian dari proses perdagangan. aku pikir ini mau menawarkan bisnis gak taunya bahasa halal haram ya. Lam kenal mas menurut saya forex itu bisa haram bisa juda tidak..tergantung dari diri kita sendiri mau kita jadikan seperti apa forex itu. seperji hal nya kita berjualan sayur di pasar bila kita mencurangi pembeli otomatis itu akan menjadi haram karna kita sudah bermain curang, sama hal nya dengan forex bila kita bermain tanpa perhitungan, analysa, tanpa tehnik hanya mengandalkan uczucie seperti yang di katakan mas arisna diatas mungkin akan menjadi haram karna sama dengan judi, tapi bila kita bermain dengan analysa teri teknik dalam forex karna itu membutuhkan pemikiran saya rasa tidak akan menjadi haram kecuali kita menerima swap nya. itu sih menurut saya aja. entah haram ato tidaknya hanya allah yang tau kadar keislaman kita nie ma niczyjej sesuatu yang haram. aduh gak tahu ya, masalah halal i haram kan ada aturannya, tapi biar Tuhan saja yang punya segala hukum yang nentukan. Forex prawny brooo kan bukan terminasuk togel ato judi forex kan naik turunya mata uang: D (sok tau) forex itu judi ga ada yang tau mo kemana arahnya, semua teknis dan fundamental ga jamin 100 pergerakan harga, begitu juga dengan dagang bakso, dagang baju , lomba baca puisi, daftar jadi kaleg, mo naek pesawat terbang, maju-mundur, kanan-kiri. itu semua judi, hidup itu adalah meja perjudian yang sangat besar) Wew. akhirnya nemu juga nih wątku. saya pinjam nie pisać bloga saya ya mas. tapi gak sekarang..next czas mungkin. cape ngurusin blog. Artikel ini sependapat dengan saya. forex HALAL bro. kata guru ngaji saya juga begitu. asalkan dana yang dipakai untuk berbisnis forex bukan uang panas (nn) nitip link ya mas. Gampang. Cek aja, setelah beli. Mau beli JPY, NZD, liat ada logo halalnya gak kalo ada berarti halal. kalo menurut aku sih bisa halal kok. soalnya yah seperti yang sudah dibahas diatas. forex itu khan jual beli uang tapi bukan dżentelmen memperhitungkan bunga renten. yang digunakan disini adalah ścieka serta analisa yang kuat sehingga kita tidak rugi salah menentukan langkah mata uang mana yang kita ambil dan yang mana yang kita lepas. lagipula kalaupun juga dikaakan haram dari sudat pandang yang mana yang menyatakan hal tersebut. menurut aku bila kita beli mata uang satu negara maka kara secara tidak langsung membantu negara tersebut meski kecil tapi efek yang diakibatkan sangatlah besar sehingga bisa mendongkrak nilai tukar mata uang mereka untuk naik. Kalau menurut saya halal, dengan membeli sebuah mata uang sama seperti kalau kita membeli saham. Kalau kita beli USD misalnya berarti kita percaya bahwa perekonomian bagus i nilainya akan naik. Początek juga sebaliknya kita akan jual kalau nilai perekonomian turun usa. Jadi sama kaya saham kalau nilainya akan naik kita beli, kalau akan turun ya dilepas. Namanya juga usaha kalau ga untung ya ga jual beli. Sampai saat ini masih banyak pro dan kontakal soal halal-haram nya forex. Tapi menurut saya, forex itu halal, karena yang terjadi adalah jual beli mata uang, sam dengan zmieniarka pieniądza, apakah itu haram Saya pernah baca artikel mengenai ini juga, sama seperti yang dijelaskan diatas. Perdagangan sah jika ada barang yang diserah-terimakan and disertai akad. Barangnya jelas i nyata yaitu uang, sedangkan akadnya juga jelas, saat mendaftar konto ada perjanjian (TOS) i saat otwarte zamówienie adalah waktu akadnya. kalo saya, masi setengah2 antara halalharam ttg forex. tapi yang mau saya komentari, kalo dibilang barangnya jelas, jelas2 kita gak terima barangnya. kita beli, terus jual lagi. jadi jual beli selisih disini, bukan jual beli mata uang (margines). dan mirip dengan taruhan, misal kita bertaruh pada pertandingan bola misalnya, pilih tim A (USD) berharap menang. ternyata B (YEN) menang. yawda rugi. sama kalo kita pasang pary USDYEN, kita berharap dolar menguat terhadap yen, e ternyata melemah. yawda kita rugi kalo blisko pada saat itu. Bedanya kalo pertandingan bola udah jelas kapan harus zwięzły, kalo forex nggak. jadi bisa aja nanti menguat dolara. kalo forex dibilang ada yg nie jest adi yg rugi, sebenarnya sama juga dengan mata uang ril. gak harus ditradingkan juga dah terasa koq. misalnya rupiah melemah terhadap dolar, ya yg megang rupiah (umumnya org Indonezja) akan rugi dan yg megang dolar akan untung (untungrugi pada saat itu). jadi ya unsur untung rugi, yang satu untung, yang satu rugi pasti ada, gak hanyaa di forex, tapi dalam dunia yg lbh luas. dan bedanya kalo jual beli barang, ada penambahan nilai jual (misalnya dikemas, dibentuk), i margines keuntungan yg diharapkan. Tak, keuntungannya dari hasil itu, bukan dengan fluktuatifnya harga. tapi ada juga, cuma kulakan barang, dipajang, terus ambil untung. misalny pedagang laptop. dia beli laptop dari pabrik, terus gak diapa2in dijual lagi. itu namanya jual jasa juga. nah kalo forex ini bisa gak dibilang jual jasa gak .. waktu kita otwarty, udah pasti ada selisih antara jual n beli, itu opłata jasa mereka. pas closed ya itu yg berlaku pada saat itu. sama kajak penjualny laptop tadi. pas mau jual kurs rupiah menguat drastis. sedangkan dia beli sesuai dgn kurs dolara juga. jadi ya bisa dibilang, pada saat rupiah menguat, dia pun harus menurunkan harga jualnya. kalo harga beli lebih mahal daripada harga jual, ya dia rugi. Jadi sebenarnya mata uang ini berpengaruh pada semua sektor. dan forex ini kebetulan berhubungan forex itu juga. efeknya sama dengan penjual2 yang menggunakan kurs sebagai patokan. Soo. kalo forex ini yg pasti ada brokernya. tujuannya apa untuk memfasilitasi jual beli margin mata uang. nah produk marginesu mata uang ini pulalah, halah atau haram. ada gak yg jual beli misalnya margines harga kambing harga tanah harga baju (cuma marginnya, barang realnya gak ada). ya kalo pun iya ya mirip2 forex itu tadi, margines emas. bedanya ma saham, kalo saham, dengan membeli saham, berarti membeli kepemilikan perusahaan itu juga. (mungkin kalo proporsi sahamnya gede baru terasa ya pengaruh kepemilikan saham kita terhadap itu perusahaan). kalo forex, bisa gak kita dibilang ada kepemilikan terhadap dolar atau yen itu tadi bisa saja dibilang gt, akan tapi toh harus dikonversikan ke mata uang podstawowy kita depozyt, misal USD. jadi hmmm. mungkin tulisan ini juma blm menjawab si (sama, pemahaman saya juga blm yakin haramhalal), tapi yang menjadi harapan saya mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan n ada feedback dari dimuatnya tulisan saya ini. wykończenia. Menurut saya HARAM, handel itu JUDI, disana tidak ada perdagangan melainkan JUDI semata, karena yg profit zysk nieprzewidywalny zysk strata, sedangkan rzeczownik bila trader semuanya profittidak ada yg strata (kalah) maka perusahaan trader tsb rugi, bayangkan rzeczownik bila semua trader profit z profitnya itu melebihi kekayaan perusahaan trader tsb pasti bangkrut. emang uang itu bisa dengan dibuat dengan mudah tanpa tahu asal muasalnya. ini jelaslah hazardu, dlm trading tugas i adalah menjadi peramal, peramal sekelas mama laurent pun bisa kalah bila ikutan trading, dijamin. pesan saya anda coba handel ikutan, maka anda akan menemukan jawabannya. karna sayapun pernah handel ikutan. BERKAT dari TUHAN Kalau melakukan pekerjaan dengan nafsu, sampai lupa segalanya. Ini ga halal. Dlaczego Kenapa Karena semua pekerjaan yg resmi ada UUD nya, tentu berkatnya diatur oleh Tuhan. Berkat, rejeki kita udah diatur dari sononya. Kita kupić jungkir balik seperti apa, berkat udah diatur, udah ditakar oleh tuhan. Więc kenapa kita mesti kerja keras sampai lupa segalanya Nah ini yg saya sebut tidak halal lagi. Kerja ya kerja, tapi jangan nafsu, entah itu kerja jadi karyawan kantor, buka toko, jadi dokter, kalau dilakukan dengan nafsu sampai lupa segalanya, namanya tetap tidal halal. Padahal pekerjaannya dokter, kok bisa ga halal Padahal pekerjaannya karyawan kantor, kok ga halal Paham ya Itu menurut saya lho. TRADING niż DOKTER, mana HALAL Bagaimana dengan trading forex, halal tidak Sama aja. Kalau kita trading dengan nafsu, pagi siang sore malam, lupa segalanya. Ya tentu ga halal lagi. Disini memang ditekankan ada unsur uang yg dimainkan, sebetulnya sama aja. mau buka warung, juga pake uang. Kliknij, aby przejść do następnego. Betul Jadi buka soal unsur uangnya. Kita liat itu semua sebagai pekerjaan. Betul CAPABLE Dysplazja w odcieniach szarości. Kita potrafiła zabijać dengan pekerjaan kita Kita mampu tidak dengan pekerjaan kita. Kalau bekerja sebagai dokter tentu ada ijazah nya. Kalau dokter gadungan tentu ga halal. Karena menipu, karena pasti ga punya ijazah. Ini mudah dibedakan, karean ada unsur pendidikan i gelar yg disandang. BUKA WARUNG HALAL atau JUDI Terra bagaimana dengan orang buka warung atau orang trading forex. Apakah ada unsur pendidikannya Nah ini yg rancu kita bicarakan. Makanya kembali ke manusianya. Apakah kita sudah melengkapi dengan pengalaman yg memadai Meski cuman buka warung, zdolny do zapamiętania kita dengan barang dagangan di warung kita Kalau kita asal nafsu buka warung, padahal tidak ada pengalaman sama sekali. Dan tidak survei, kira2 laku tidak barang dagangan di warungnya Siapa pesaing warung laennya Dllnya. Ini saya sebut udah judi. Meski orang bilang buka warung itu halal. Betul FOREX, KONTO, MOŻLIWOŚĆ i JUDI Nah demikian juga dengan trading forex, kalau kita tidak melengkapi dengan segala kemampuan yg diperlukan. Saya katakan judi. Kenapa Lha apa pantas, orang baru belajar 2 minggu, kdeudian memegang account 20.000 usd untuk ditardingkan. Oke lah tidak usah melihat jumlah uangnya, itu hak masing2 orang. Oke lah saya yakin ada yg kehilangan uang 20.000 usd dalam 2 hari juga rzeczownik santai dan malah ketawa-tawa. Nie ma problemu katanya, cuman 20.000 usd kok, bukan 2.000.0000 usd. Oke sekal lagi saya terima alasan ini. Karena ini juga uang kamu, bukan uang saya. Betul Tapi konteks yg kita bicarakan buka soal uangnya, jumlahnya berapa. Tapi soal zdolny kita, kemampuan kita. Kalau kita melakukan sesuatu tidak dengan zdolny, tidak melengkapi dulu dengan. pengetahuan, belajar yg memadai, surveyi, nafsu. Ini saya katakan judi. Jadi kalau orang di forex baru belajar 3 bułka, konto kubaturowego buka, mau meraih keuntungan dan yakin bisa untung. Ini saya katakan mereka berjudi. Ini pendapat saya ya. Maaf saja kalau orang laen tidak setuju. Sah sah aja kan. Hehehehe. ini murni bisnis spekulasi, a dan seperti ijon, membeli padi di saat hijau i berharap padi akan menghasilkan banyak disaat panen, lhaa. kalo enggak salah satu dirugikan. berarti ini haram .. lhoo kok forex haram lha iya lha wong Zgłoś uwagę lub komentarz do hasła disamakan disamakan dengan spekulasi, trus mirip ż judi enggak ż lha itu Zgłoś uwagę lub komentarz do hasła saudara saudara kembarnya, sama sama pengen dengan modal kecil berspekulasi ż agar mendapatkan untung besar ż lha kok ada yang ż bilang Zgłoś uwagę lub komentarz do hasła enggak 1. hargak tau hukum syar39i nya 2. enggak mau tau hukumnya yang penting duit 3. bukan orang islam jadi enggak tau hukum yang berlaku buat ummat muslim .. masih pusing juga silahken tanya saja di syariahonline mungkin bisa lega. Kalau menerut sy sesuatu halal atau haram tergantung niat dan memanfaatkannya, contoh. Menabung di bank bisa Zgłoś uwagę lub komentarz do hasła Haram kalam Zgłoś uwagę lub komentarz do hasła Bunga Bunga, tapi kalau keukan ataupun tabungan di kemudian hari apa Haram. Dystrybucja walutowa juga ada kemngkinan Haramnya kalau emang niatnya untuk tebak-tebakan, namun bisa jadalnictwo halal jika untuk jadi simpanan, melihat matauang kita terus anjlok maka kita beli yang lebih stabil dengan emas, atau yang lainnya. Untuk Kasus Lain juga demikian kok, pisa bisa jadła halal jika untuk masak atau keperluan positif lainnya namun jika untuk membunuh manusia ya jadi haram donk pake pisau. nah yang udah jelas haram tuh seperti lokalisasi wts, tempat minugan keras, dsb kenapa malah tidak dilarang Dengan adanya Forex trading ini juga dapat meminimalisasi Praktek Monopoli lho. coba misalkan początek ada orang yang kaya memborong ssuatu mata uang maka nilainya menjadi naik, namun sebaliknya jika ada yang menjual dalam jumlah banyak, bisa ambruk tuh mata uang, nah dengan rzeczownik banyak orang bisa terlibat rzeczownik ada yang berfikir beli dan jual ketika harga jatuh ada aja yang berfikir beli, oleje sebab itu akan mejaga stabilitas ekonomi. kalau tidak nasib suatu bangsa bisa ditentukan oleh segelintinr orang lho. (Yang banyak uang). Namun dewngan forex nasibnyaa bisa jadi ditangan orang banyak asalkan jangan serempak seluruh dunia pilih jual maka ya hancurlah mata uang tersebut. Kalau Judi Kita tidak bisa melakukan kontrol, sys rasa porex kita masih bisa kontrol, kita juga bisa lakukan blokada agar tidak rugi i untang kalau ingin bertahan. Haram, banyak kejelekanna daripada keuntungannya Sekretarka fatwa MUI sih haram. Tapi ada juga yang bilang halal dengan dasar-dasar yang relevan juga. Kayak musik aja, ada yang balang haram, ada yang bilang halal. atau contoh lainnya rokok, fatwanya jelas haram tetapi ada yang tetap Zgłoś uwagę lub komentarz do hasła menghalalkan dengan dasar-dasar tertentu pula. Kalo logikanya główna forex dengan cara spekulasi alias tebak-tebakan alias untung-untungan, itu sama saja dengan berjudi, i jelas judi itu haram. Tapi maaf, saya główny forex tidak dengan cara tebak-tabakan atau untung-untungan. on on on. Saya handlowiec bukan hazardzista. cześć cześć cześć. Salam Kawan, Sebelumnya maafkan saya kalo saya ikut nimbrung dalam blog ini, walaupun saya sendiri adalah bukan umat muzułmanin, tp sejauh ini saya seduk tau mengenai apa yang dikhamnar haram atau halal, pendapat saya sekara pribadi, sejauh ini tidak ada alasan kuat fork mengkategorikan FOREX biznes ke hukum HARAM, asummy haram yang selama ini terhadap forex adalah menjurus ke perjudian, karena didukung faktor orang awam yang memandang dapat duit itu gampang di forex, saya sgt yakin 99,99 para handlarz yang profesional, tidak akan berani mengatakan GAMPANG cari duit di FOREX, justru yang bukan TRADER yang merasa ita adalah gampang, hanya wpisz KUP, a sprzedaj tohh Come on bro. apapun usaha yang dianggap HALAL, akan melalui proses KUPUJĄCY niż sprzedający jg, maaf kalo saya berbicara agak sedikit menyinggung, mungkin yang harus dibedakan dalam bisnis forex ini dengan bisnis umumnya adalah Inteligentny biznes lub Workhard Biznes, biznesowy biznesmen, sam seperti orang yang quotWork Smartquot i quotWork Hardquot, bayangkan seorang quotarsiteKquotyang tdk bisa angkat batu, kerjanya hanya atur sana sini, bahkan campur semena aja ngk bisa, dibandingkan den kuli yang tiap hari kerja dan serba bisa, Setelah bangunan megah selesai, pernahkah ada yang menanyakan kwoka mana yang buat iniquot, tentu saja tidak, selalu saja ditanya quotArsitek mana yang membangun iniquot, dalam hal ini yang saya mau jelaskan adalah apakah semang orang bisa menjadi arsitek apakah gampang menjadi arsitek pandangan spt ini laah yang terjadi dengan FOREX, Sesungguhnya Forex bukanlah di BUYampSELL, tp di analisa dan teknik prediksi, dan yang harus ditekankan antara prediksi dengan ramalan adalah berbeda j auh, Prediksi adalah mengumpulkan semana data2 yang pernah ada, membuat satu analisis yang beralasan, dan membuat satu keputusan yang ada faktor pendukungnya, Betul itu TRADERY sekalian. kalo RAMALAN adalah mengusahakan mengetahui apa yang akan terjadi didepan, tanpa haru berhubungan dgn data2 sebelumnya i memutuskan sesuatu tanpa hrs ada faktor pendukung, contah adalah BMG (Badan Metreologi Geofisika), makaron kalimat yang benar adalah RAmalan Cuaca, bukan Prediksi Cuaca. Akhir dari penjelasan saya adalah Kita Pemuda Indonezja, saya harap bisa lebih terbuka mempelajari i mengetahui sesuatu tanpa haru mengambil unsur agama untuk menghalanginya, agama adalah suci, bukan dari hasil pemikiran manusia, ibarat seseorang berlayar di lautan denan perahu, maka saat itu perahu adalah sahabat terbaik kita, sesampainya didaratan, untuk beraktifitas apakah kita haru mengangkat perahu kita kemana2 karate perahu tadi adalah sahabat baik kita ini hanya ilustraci, maaf kwn2 sekalian, bukan bermaksud menggurui, ini hanya pendapat saya, salam sEjahtera Seperti bermain judi, pada indeks indeksu Forex tidak membawa manfaat kontrahent sumbangsih bagi pihak lain selain berharap keuntungan pribadi saja membuat energii menguap alam. Seperti bermain judi, pada Indeks indeksu forex tidak mungkin kedua pihak sama-sama untung, pasti yang satu untung, yang lainnya rugi. Seperti bermain judi, pada Indeks walutowy Indeks iluminacji i indeksów Indeks indeksów Indeks walutowy Indeks Indeks Indeks Indeks Indeks Indeks Indeks Indeks Indeks Indeks Indeks Inde Lokalizacja Indeks Indeks Indeks Indeks Indeb Indeks Indeks Indeb Indeks Indeks Indeks Pełny katalog HARAM Forex atau jual beli mata uang itu jelas halal, tapi kalo quotMain Forexquot baru masih remang-remang. Kenapa remang-remang. Coba aja główne konto forex demo, kita mempertaruhkan uang kita untuk prediksi kita. kalau prediksinya benar, kita untung, kalo prediksi salah kita rugi. Lha siapa yang paling untung. yang jelas untung adalah broker i afiliasinya. yang maen mo rugi mo kalah, pośrednik afiliasi udah dapet komisi duluan melalui spread yang ditetapkan. Kalo ingin untung di forex, mendingan jadi afiliasi aja, atau jualan sinyal, atau jualan ebook. Lagian kalo benar ada yang jago quotMain Forexquot ngapain juga masih jualan sinial, robot, ebook atau. ya udah gratisin aja. hehehe. Wong seorang trader sejati per harinya bisa jutaan bahkan puluhan juta di saldonya (barangkali hehehe) forex adalah JUDI. Brokerbandar judi, traderpemain judi. Handel forex berjudi lewat nilai tukar mata uang. Bila kita mengira nilai tukar akan naik, maka kita melakukan KUP, buba ternyata nilai tukar benar-benar naik, maka kita untung, brokera rugi. Demikian sebaliknya. Bila kita memprediksi nilai tukar akan turun, maka kita melakukan SPRZEDAM, bila ternyata nilai tukar benar-benar turun, kita untung, broker rugi, juga sebaliknya, demikian seterusnya. Apapun alasan orang, hadist atau ayat apapun yang dikutip yang jelas logika bermain forex memang menggunakan logika judi. walau udah tahu begitu, herannya masih banyak orang yang suka bermain forex, terminasuk saya gitu loch. hmmm indahnya islam yang telah mengatur segala urusan kehidupan ini mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. bagaimanapun hal ini adalah memerlukan szczegóły rincian yang. apa itu forex. bagaimana sistem kerjanya. dll. setelah kita mengetahui apa itu forex i benar2 mengetahuinya secara szczegółowo maka barulah kita kita dapat menentukan hukumnya sesuai alquran dan Jako słońce i bańki menghukumi sesuatu hanya dengan pengetahuan yang setengah2 saja. tidaklah ADA satu permasalahanpun dalam kehidupan ini melainkan telah ada jawabannya dalam agama ini. Kaidah islam mengatakan: - semua ibadah hukumnya HARAM nie ma na swoim koncie kecuali apabila ada dalil YANG MEMERINTAHKANNYA. - semua muamalah (perdagangan i lainnya) hukumnya BOLEH nieokreślony, rozcieńczony, aksamitny, ada dalil YANG MELARANGNYA. maaf pada saat ini saya belum dapat membantu mengungkapkan hukumnya secara mendetail dengan berbagai dalil yang ada. saya setuju dengan pendapat: quotKalau Judi Kita tidak bisa melakukan kontrol, saya rasa pada forex kita masih bisa kontrol, kita juga bisa lakukan blokada agar tidak rugi dan untung kalau ingin bertahan. dan juga saya setuju: quotKalo logikanya main forex dengan cara spekulasi alias tebak-tebakan alias untung-untungan, itu sama saja dengan berjudi, dan jelas judi itu haram. Tapi maaf, saya główny forex tidak dengan cara tebak-tabakan atau untung-untungan. on on on. Saya handlowiec bukan hazardzista. cześć cześć hi. quot dan maaf. saya sangat-sangata tidak setuju sekali dengan sebuah kalimat. quotkita Pemuda Indonezja, saya harap bisa lebih terbuka mempelajari i mengetahui sesuatu TANPA HARUS MENGAMBIL UNSUR AGAMA nie jest menghalanginyaquot XX dzięki. wallahu a39lam yang namanya haram dalam perdagangan i judi tentu ada sebabnya alias ilat yang menyebabkan perkara itu diharapkan, bukan masalah untung dan rugi aja. kalo unsur penyebab pareebab keharaman tersebut ada dan terdapat dalam forex maka forex itu menjadi haram. delegowanie ini, dag banyak pendapatnya namun hanya dari kalangan pemain praktisi forex, belom ada dari kalangan ahli hukum islam yang komen di sini. masalahnya para pakar sendiri gak paham betul tentang mekanisme forex. yang haram itu jelas, dan jang halal itu juga jelas. diantara keduanya ada beberapa masalah yang abu abu jang hanya sedikit sekali orang yang tahu hukumnya. jangan asal putus haram dan halal seenak sendiri emangnya islam itu agamanya yang buat engkong lhooo .. hukum islam udah di putuskan al Allah dalam Quran dan Hadist tinggal kita mau gak mempelajariny atau bertanya pada yang lebhi tahu. tentang keduanya. seorang alim alquran dan hadi yang baik bukan saja orang yang japan atau udah dapat gelar tinggi dalam bidang hukum islam sajā tapi haru orang yang benar benar wirai (menjaga agamanya) agar ia bisa memutuskan suatu hukum secara benar i jernih atas dasar alquran dan hadits. bukan atas dasar nafsunya dengan memanfaatkan alquran had hadits. jual beli sistem ijon emang haram karena barang yang dijual beli belu jelas apakah nana ada hasilnya atau gak lalu apakah forex bisa dipastikan ada juda haram karena itu bukan jual beli tapi tebak tebakan..sedangkan forex itu jual beli bukan hanya tebakan tebakan yang gak ada barangnya .. menurut saya tidaks emua unsur spekulatif Zgłoś uwagę lub komentarz do hasła menjadi menjadi penyebab keharaman ż karena yang ż namanya jual beli, ż dagang dan bisnis lainnya juga ada unsur spekulatif. menurut saya Perdagangan Berjangka Komoditi beda dengan forex. Perdagangan Berjangka Komoditi udah jelas barang yang dijual belikan sedang forex jual beli uang dengan dasar spekulatif pasar. yang tidak bisa kita tentukan harganya .. kalo saya jual cendol pingin saya kasih tarif berapapun terserah saya. 10 ribu satu gelas atau 5ribu juga bebas masalah laku itu spekulatif saya dalam menentukan harga. lalu bagaimana dengan forex gak bisa seperti itu toh. Forex hukum jual beli beli ketika mura. Kisaran harga ngak jauh2 amat dr yg ada di grafik. Hal ini bs terjadi 1-tak tentu bnyaknya hari untuk kita jual lg dngan kisaran harga yg kita mau. Masalah nya bnyak trader yg melakukanya dlm hitungan jam beli dan berharap naik untung. waduhhh. jadi ragu juga neh jadinya. mungkin bisa di katakan haram. karna nggak jelas barang yg kita beli. cuma dapet untung dari selisih nilai tukar. tapi selisih itu bagi saya masih bisa di bilang halal, karna perdagangan memiliki keuntungan dari setiap selisih harga jual. sedangkan judi tidak seperti itu, keuntungan dalam judi karna ada lawan yang kalah, bukan dari selisih harga jual. ingin lebih paham halal apa haram. silahkan buka link saya. klik tulisan hamim forex itu halal. bahkan udah disah kan MUI Ditetapkan di. Dżakarta Tanggal. 14 Muharram 1423 H 28 Marzec 2002 M DEWAN SYARI39AH NASIONAL MAJELIS ULAMA INDONESIA halal kalau cara mendapatkannya dengan berbagai analisis, aktualizacja informacji dll yg memerlukan pemikiran. haram kalu caranya asal nebak arah aja Klo lost haram klo profit halal gitu aja repot kalo menurut saya sendiri sih. dalam ekonomi syariah tidak ada yang namanya perdagangan mata uang. karena ekonomi syariah hanya menggunakan satu mata uang yaitu dinar. maafkan saya jika salah. Selamat sore bro. Wah seru sekali perbincangan di sini, yang jelas marilah kita tingkatkan skil dan pengetahuan kita yang luas tentang forex sebagai ladang rejeki, Insya Allah. Kunjungi blog saya juga hehe. BERDASARKAN FATWA MUI FOREX itu HALAL. TETAPI TRADING FOREX ONLINE itu HARAM karena trading forex online itu bukan transaksi spot. Sedangkan di FATWA MUI, trading forex itu halal jika trading spot. Model trading forex online itu bukan model transaksi spot jadinya haram. Trading online termasuk trading emas, komoditi, saham yang internasional itu masih haram karena jenis transaksinya itu non-spot Bedakan dengan Saham di Indonesia, jika niatnya adalah penyertaan modal bukan sekedar untung dari selisih harga, itu halal. Karena penyertaan modal itu statusnya investasi alias menerapkan prinsip mudhorobah dalam islam. kalo aku masih ragu. karena uang itu sebenarnya adalah hanyalah alat tukar, BUKAN komoditi dagang. Jadi uang hanyalah untuk memudahkan pertukaran dagang. kalau untuk dagang dalam arti menukar uang dengan uang untuk mencari untung, itu sama dengan riba. Kecuali kalau dangang emas, perak dll yang nilainya jelas bisa dilihat dari barangnya. Atau dagang jasa yang jelas ukurannya Masalah ini yang bikin aku gak pernah nyoba forex,,coz belum jelas hukumnya,,ada 2 kubu yg bikin pening,,ada yg bilang HALAL, Ada yg bilang HARAM..jd aku nyoba bisnis yg laen z,.soalnya aku nunggu ada orang yg mw brtnggung jawab, dan mau menanggung dosa, jikalau forex itu halal ato haram,,biar bisa maen aman..hehehe..just kidding menurut saya judi itu halal dan harus kita ikutin nah yang haram itu kalau kalah itu HARAM banget kalau menang itu 100 HALAL jadi mari kita sukseskan berjudi. YG jelas hukumnya HARAMada spekulasi dan bisa jadi uang kalian langsung amblassss. sama dengan berjudi. judi dan judi. Poskan Komentar Tolong gunakan. . dalam memasukkan URL. NO SPAM. by SurFXGzali 187 Mon Oct 05, 2009 11:34 am HALAL HARAM FOREX Sebagai Rujukan . Konsep leveraj yang disediakan oleh broker forex sebenarnya wujud dalam islam. Islam tidak pernah mengharamkan sesuatu perkhidmatan jang tiada unsur penindasan (gharar) meskipun ianya disediakan oleh orang bukan islam. Leveraj forex merupakan jaminan (pertolongan) Zgłoś uwagę lub komentarz do hasła sementara yang diberikan oleh broker forex. Ianya boleh dikaakan juga kontrak sementara antara trader forex i broker selagi trader tersebut masih mempunyai ekuiti dalam akaun mereka. Trader hanya boleh memegang kontrak berdasarkan ekuiti mereka sahaja mengikut yang mereka persetujui dengan broker mereka. Bagi akaun Islamik, pośrednik forex tidak mengenakan atau członkostwo apa-apa faedah atas jaminan mereka. Dengan jaminan mereka kita dapat memasuki pasaran matawang mengikut kemampuan kita. Broker forex adalah orang tengah antara bank bankowy antarabangsa (instusi) i pedagang kecil (retailer).Mereka membeli (qoute) dari institusi dan menjual balik (reqoute) kepada pedagang kecil. Biasanya jualan balik adalah munasabah antara 3-10 mata sahaja. Di sini lah mereka membuat keuntungan. Proses ini adalah dibenarkan oleh Islam. Ianya bukan riba. (Ada yang terkeliru menyatakan jual beli adalah juga sama riba). Pandangan Profesor Kewangan Islam Saudarai, Kalau kita mengkaji banyak pandangan dari pakar-pakar kavangan islam yang terlibat langsung dengan kavangan islam i pernah membentang kertas kerja di kewangan islam. Majoriti bersetuju menyatakan dźwignia adalah harus (dopuszczalna). Seperti kata Profesor Humayon Dar, dyrektor zarządzający Dar Al Istithmar w Londynie (bada aspekty szariatu wschodzących islamskich funduszy hedgingowych). . Szariat nie ma problemów z dźwignią, o ile osiągnięto to dzięki długowi islamu. Dźwignia nie jest obawą szariatu, raczej kwestią ekonomiczną. Rujuk: islamicfinanceandbanking. blog. mic-hedge. html Kalau mengambil kata-kata beliau, saya mengambil contour dźwignia dalam akaun islamik FXOpen dźwignia yang dikenakan tidak dikenakan sebarang odsetki (bez odsetek). Juga kalau kita overnight pun tidak ada apa-apa interest (pasmo konwencjonalne dikenakan interest kalau overnight). Saya rasa perlunya kita merujuk banyak pihak yg mahir i terlibat sekara langsung dalam kewangan islam. Bukan sekadar merujuk graduan bachelor yg baru balik dari universiti di Jordania 2-3 tahun di institusi kewangan islam i tukar jadi pensyarah di uiam. Kemudian buat hukum tanpa perbincangan. hadith dhaif sebagai hujah pengharaman. Saya ingin berkongsi pengetahuan tentang satu lagi hadis yang terputus sanad (dhaif) yg dijadikan hujah pengharaman, iaitu: Janganlah kamu menjuali se sesuatu yang tidak di dalam milikmu. (Riwayat Abu Daud, nr 3504 3283) Rujuk Konsep Leveraj Haram Metro Ahad 3 lutego 2008 r. Adalah terjemahan langsung satu hadith yang masyhur la tabi ma laysa indak Beberapa isu telah dibangkit berkenaan hadis ini. Salah satunya tentang percanggahan rantaian sanadnya. Al Bukhari dan Muslim tidak pernah merekodkan dalam koleksi mereka walaupun yang lain antaranya Ab Dawd i al Tirmidhi, ada merekodkannya. Percanggahannya adalah seperi berikut: 1. Ab Dawd, Ahmad ibn Hanbal i Ibn Hibban menyatakan ianya diriwayatkan przez Jafar ibn Abi Wahshiyah, z Ysuf ibn Mahak, z Hakim ibn Hizam, manakala yang keempatnya, ianya Abd ibn Ismah, manakala koleksi yang lain menyatakan antara Ysuf i Hakim. Dalam al Mizan, al Dhahabi menyatakan, nama pertengahan langsung, tidak diketahui (la yuaraf). 2. Berkenaan periwayat utama Hadith ini, Hakim ibn Hizam, dikatakan 8220obscure8221 (majhul al hal). Hanya Ibn Hibban memasukkan beliau antara periwayat yang boleh dipercayai (wiarygodny al tqqat). Sallara al Nasa82178217i telah merakamkan cuma satu Hadith yang diriwayatkan oleje, Yang lain menyatakan beliau adalah 8220obscure8221. Rujukan: kontrakty towarowe: islamska analiza prawna Mohammad Hashim Kamali en. wikipedia. orgwikiMohammadHashimKamali ---------------------------------- ----------------------- (Perkataan: Majhul al-Hal (dinamakan juga al-Mastur) Definicja: Perawi yang diriapatanya daripadanya oleh dua orang atau lebih tetapi tidak Dukatanatannaa: tidak diterima mengikut pendapat yang sahih di sisi majoriti ulama Adakah hadisnya itu mempunyai nama khusus Hadisnya itu tidak mempunyai nama khusus tetapi diletakkan di bawah hadis dhaif Rujukan: darulkautsarpenghadi bahasanKedua: --------- -------------------------------------------------- -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- -------------------- berkait. Ibarat kuku dengan isi. Kalau ikuć pemahaman saya, margin trad ing saham gunapakai pinjaman ada riba sahaja HARAM. Kalau tiada riba, jadi HALAL. Secara amnya margin trading (leverage) HALAL tanpa ada riba. Sebenarnya dalam akaun Islamik forex, margines tradingnya LANGSUNG tidak kena guna riba. Malah broker forex telah dulu merealisasikan prinsip-prinsip Qard Al Hassan (piękna pożyczka) banku pasma banku yang berjenama perbankan Islam tidak kira di Malaysia atau luar negara. Kalau ada pun, ianya agak terbatas ruang lingkupnya seperti: Rujuk: dib. aeencommunityservicequrad. htm Insya Allah. Saya akan huraikan tentang Qard Al Hassan pada kesempatan lain. Berkenaan risiko pula, i pasaran tidak menyebelahi kita, kita masih ada stop loss sebagai penyelamat. Fakta 3: Brak sald debetowych Twoje ryzyko jest ograniczone tylko do środków depozytowych. Ponieważ w handlu forex nie ma żadnych połączeń depozytowych, w celu ochrony pośrednik automatycznie zamyka wszystkie swoje otwarte pozycje, jeśli kapitał własny Twojego konta spadnie poniżej wymaganego poziomu marży. Pomyśl o tym jako ostatecznym, automatycznym zatrzymaniu. W rzeczywistości, nigdy nie tracą więcej pieniędzy niż masz na swoim koncie Janganlah susah-susahkan hati pasal forex ini halal ke haram. ianya harus. yg uzar komenkan adalah pasal leverage. dźwignia dlm forex menepati hukum syarak. xde riba. kena yakinkan diri yg ianya menepati hukum syarak. tanpa keyakinan boleh jatuh syubhah pula. yg penting pakai islamski konto swap darmowe konto. kan byk broker yg tawarkan islamski rachunek. był-był itu adalah bisikan syaitan. sedangkan hukum dagang forex i penggunaan leveraj adalah harus halal. yakinkan diri baru hati jadi tenang. kerja jadi senang. Apa-apa pun saya tiada kuasa menjatuhkan hukum HALAL HARAM. Saya Cuma tolong menerangkan apa yang saya fahami selama ini meganai perkara tersebut. Yang ada kuasa ialah MAJLIS FATWA KEBANGSAAN. Jikalau MAJLIS FATWA KEBANGSAAN mengeluarkan FATWA z Malezji ini menerangkan yang Trading FOREX ini HARAM. Maka berhentilah. Sehingga sekarang tiada apa2 FATWA dikeluarkan oleh MFK mengenai FOREX. Di dalam Islam La ibrata bil musammayaat walakinna ibrata bil maaani (Pengajaran (hukum) bukan diambil dari segi istilah sesuatu perkara bahkan pengajaran (hukum) diambil dari cara perlaksanaannya). W ISLAMie, aby sprawdzić, co to jest HALAL lub HARAM, nie wynika z bezpośredniego znaczenia terminologii, ale z tego, jak się to zrobiło. jawapan dari yang lain merujuk kepada perkara yang sama przez SurFXGzali 187 Pon Paź 05, 2009 11:43 Daripada Penasihat SyarieSharie Doradca KODANA Berhad. Waalaikumussalam w. b.t .. Terima kasih diucapkan kepada Zgłoś uwagę lub komentarz do hasła Saudara Saudara Pokaż synonimy dla yang diajukan dan sokongan kepada ruangan forum ini. Memang semalam ada persoalan tentang leverage. Oleh kerana soalan tersebut telah menyebut nama seseorang, pihak pengurusan telah membuang soalan tersebut supaya perbincangan kita lebih telus tidak menyentuh mana-mana pihak. Akhlak dan kesatuan adalah penting dalam Islam i bukan perpekahan serta pergadhan yang dianjurkan. Terima kasih atas keperihatinan saudara itu. Diruangan yang terhad ini saya tidak bercadang untuk menterjemahkan definini LEVERAGE mengikut istilah perniagaan yang memeningkan kepala kerana ianya berbeza mengikut penggunaan di dalam sesuatu urusniaga. LEVERAGE yang berlaku dalam perdagangan FOREX adalah jak zarobić więcej mniej sebagaimana berikut: - Sebagai contoh. kita mengambil urusniaga matawang asing yang melibatkan matawang GBPUSD. Sekiranya kita membuka akaun USD1000 dan kita ingin membelimenjual 1 lot GBPUSD, sepatutnya pihak platforma akin memotong USD100 dari akaun kita sebagai modal pusingan. Tetapi sekiranya dźwignią, platforma hany akan memotong USD50 untuk modal pusingan 1 lot tersebut. Ini merupakan kemudahan i diskaun yang diberikan oleh platforma untuk meringankan modal pusingan kepada pedagang yang mempunyai akaun mini sahaja. Inilah yang dikatakan leverage dan keistimewaan ini hanya diberikan kepada pedagang yang mempunyai akaun mini sahaja. Akaun mini ialah jumlah akaun yang kurang od USD50,000. Tetapi sekiranya akaun tersebut melebihi USD50,000 ke atas, keistimewaan ini tidak diberikan kepada pedagang (przedsiębiorca). Yang paling penting didalam perdagangan forex ini ialah setiap urusniaga yang dibenarkan serta kerugian maksimum yang akan ditanggung olek pedagang tidak akan melebihi dari jumlah modal pusingan yang terdapat dalam akaun mereka. Sebagai contoh, sekiranya ia membuka akaun yang bernilai USD1,000 anda tidak akang menanggung sebarang kerugian melebihi modal tersebut iaitu USD1,000 walau apapun leverage yang anda perolehi dari pihak platformy i kerugian anda sama sekali tidak akan berganda dari keseluruhan modal yang anda laburkan. Dengan ini naciągnij się na drugą połowę, aby rozpocząć swoją podróż. Ini hanyalah kemudahan yang diberikan oleh pihak platforma dengan harga yan lebih rendah kagada yang mempunyai modal yang kecil (mini akaun) iaitu akaun yang modalnya kurang dari USD50,000. Saya berharap penerangan saya yang ringkas ini dapat merungkaikan segala kekeliruan dan pemahaman yang silap tentang leverage yang timbul dewasa ini dan juga menjawab kepada persoalan hukum tentang leverage itu sendiri. Di dalam Islam La ibrata bil musammayaat walakinna ibrata bil maaani (Pengajaran (hukum) bukan diambil dari segi istilah sesuatu perkara bahkan pengajaran (hukum) diambil dari cara perlaksanaannya). Sekian. Wassalam. Haji Habin Faisal bin Haji Mohamed Penasihat SyarieSharie Doradca KODANA Berhad. Investasi FOREX trading merupakan investasi yang sangata menjanjikan dimana kita bisa memperoleh zysk zysk yang cukup lumayan dalam waktu yang relatif singkat. Apalagi dengan kehadiran Broker forex online yaitu Marketiva yang subskrypcja wiadomości z internetu, semakin memudahkan orang untuk mendulang zysk z baksofonu tanpa harus melewati upaya belajar yang terlalu lama i tanpa haram memahami analisa teknikalmaupun fundamental yang memusingkan kepala. Penghasilan para trader-trader forex profesjonalny sangat i jauh meninggalkan para pelaku-pelaku bisnis lainnya seperti para pelaku bisnis MLM i perdagangan konvensional. Tapi kokudy banyak yang mempertanyakan kehalalan dari hasil yang diperoleh bisnis forex handel ini dikarenakan sifatnya yang tajny klucz kasat mata. Sebagian umat islamu meragukan kehalalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para pakar Islamski Jangan engkau menjual sesuatu yang tidak ada padamu, 8221 sabda Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah hadits riwayat Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (ahli fiqih islam), hadits tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktik jual beli yang tidak ada barangnya pada waktu akad, haram. Penafsiran secara demikian itu, tak pelak lagi, membuat fiqih Islamski sulit untuk memenuhi tuntutan jaman yang terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena itu, sejumlah ulama klasik yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, menentang cara penafsiran yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali ini berpendapat, bahwa tidak benar jual-beli barang yang tidak ada dilarang. Baik dalam Al Qur8217an, sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu tidak ada. Dalam Sunnah Nabi, hanya terdapat larangan menjual barang yang belum ada, sebagaimana larangan beberapa barang yang sudah ada pada waktu akad. 8220Causa legis atau ilat larangan tersebut bukan ada atau tidak adanya barang, melainkan garar, 8221 ujar dr Syamsul Anwar. MA dari IAIN SUKA Yogyakarta menjelaskan pendapat Ibn al-Qayyim. Garar adalah ketidakpastian tentang rzeczownik barang yang rzeczownik} diperjual-belikan itu dapat diserahkan atau tidak. Misalnya, seseorang menjual unta yang hilang. Atau menjual barang milik orang lain, padahal tidak diberi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi, meskipun pada waktu akad barangnya tidak ada, namun ada kepastian diadakan pada waktu diperlukan sehingga bisa diserahkan kepada pembeli, maka jual beli tersebut sah. Sebaliknya, kendati barangnya sudah ada tapi 8211 karena satu dan lain hal 8212 tidak mungkin diserahkan kepada pembeli, maka jual beli itu tidak sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. Sebab, dalam kontrak berjangkanya, jenis komoditi yang dijual-belikan sudah ditentukan. Początek juga dengan jumlah, mutu, tempat dan waktu penyerahannya. Semuanya berjalan di atas rel aturan resmi yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan 8212 satu hal yang sebetulnya bisa juga terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Dalam perspektif hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (forex adalah bagian dari PBK) dapat dimasukkan ke dalam kategori almas8212 almu8217ashirah atau masalah-masalah hukum Islamski kontemporer. Karena itu, status hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke dalam wilayah fi ma la nasha fih, yakni masalah hukum yang tidak mempunyai referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategori masahah hukum al-Sahrastani, między innymi termasuk ke dalam paradigma al-nushush qad intahat wa al-waqa8217 i la tatanahi. Artinya, nash hukum dalam bentuk Al-Quran i Sunnah sudah selesai tidak lagi ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul mesti diberikan kepastian hukumnya melalui ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan hukum yang diperkenalkan oleh Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa hukum dapat berubah karena beberapa variabel perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini diturunkan dari paradigma ilmu hukum dari gurunya Ibn Taimiyyah, yang menyatakan bahwa a-haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran hukum itu dijumpai dalam kenyataan empirik bukan dalam alam pemikiran atau alam pomysł. Paradigma ini diturunkan dari prinsip hukum Islam tentang keadilan yang dalam Al Quran digunakan istilah al-mizan, a-qisth, al-wasth, dan al-adl. Dalam penerapannya, sekara khusus masalah PBK dapat dimasukkan ke dalam bidang kajian fiqh al-siyasah maliyyah, yakni politik hukum kebendaan. Dengan kata lain, PBK termasuk kajian hukum Islamski dalam pengertian bagaimana hukum Islamski diterapkan dalam masalah kepemilikan atas harta benda, melalui perdagangan berjangka komodi dalam era globalisasi i perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin dalam rangi melindungi pelucha i pihak-pihak jang terlibat dalam perdagangan berjangka komodyta dalam z dala od dywizji, dżedży i półbuty UU nr 321977 tentang PBK. Karena teori perubahan hukum seperti dijelaskan di atas, dapat menunjukkan elastanis hukum Islamski dalam kelembagaan i praktek perekonomian, maka PBK dalam sistem hukum Islamski dapat dianalogikan dengan bay8217 al-salam8217ajl bi8217ajil. Bay8217 al-salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-salam atau al-salaf adalah bay8217 ajl bi8217ajil, yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Di dalam transaksi demikian, penyerahan ra8217s al-mal dalam bentuk uang sebagai nilai tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi yang dimaksud dalam transaksi itu. Ulama Syafi8217iyah dan Hanabilah mendefinisikannya dengan: 8220Akad atas komodas jiji dibuti bibi bambusi bursa akad8221. Keabsahan transaksi jual beli berjangka, ditentukan oleh terpenuhinya rukun i syarat sebagai berikut. Rukun sebagai unsur-unsur utama yang harus ada dalam suatu peristiwa transaksi Unsur-unsur utama di dalam bay8217 al-salam adalah: Pihak-pihak pelaku transaksi (8216aqid) yang disebut dengan istilah muslim atau muslim ilaih. Objek transaksi (ma8217qud alaih), yaitu barang-barang komoditi berjangka dan harga tukar (ra8217s al-mal al-salam dan al-muslim fih). Kalimat transaksi (Sighat 8216aqad), yaitu ijab dan kabul. Yang perlu diperhatikan dari unsur-unsur tersebut, adabah bahwa ijab dan qabul dinyatakan dalam bahasa i kalimat yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, ulama Syafi8217iyah menekankan penggunaan istilah al-salam atau al-salaf di dalam kalimat-kalimat transaksi itu, dengan alasan bahwa 8216aqd al-salam adalah bay8217 al-ma8217dum dengan sifat dan cara berbeda dari akad jual dan beli (kupować). Persyaratan menyangkut objek transaksi, adalah: bahwa objek transaksi haru memenuhi kejelasan mengenai: jenisnya (yakun fi jinsin ma8217lumin), sifatnya, ukuran (kadar), jangka penyerahan, harga tukar, tempat penyerahan. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh harga tukar (al-tsaman), adalah, pertama, kejelasan jenis alat tukar, yaitu dirham, dinar, rupiah atau dolar dsb atau barang-barang yang dapat ditimbang, disukat, dsb. Kedua, kejelasan jenis alat tukar apakah rupiah, dolar Amerika, dolar Singapura, dst. Apakah timbangan yang disepakati dalam bentuk kilogram, staw, dst. Kejelasan tentang kualitas objek transaksi, apakah kualitas istimewa, baik sedang atau buruk. Syarat-syarat w stanie ditetapkan dengan maksud menghilangkan fi al-8217aqd atau alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi barang pada saat transaksi. Sebab hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di antara pelaku transaksi, yang akan merusak nilai transaksi. Kejelasan jumlah harga tukar. Penjelasan singkat di atas nampaknya telah dapat memberikan kejelasan kebolehan PBK. Kalaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau prawodawca maxim yang berbunyi: ma la yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa yang tidak dapat dilaksanakan semuanya, maka tidak peru ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, hukum i pelaksanaan PBK sampai batas batas tertentu boleh dinyatakan dapat diterima atau setidak-tidaknya sesuai dengan semangat i jiwa norma hukum Islam, dengan menganalogikan kepada bay8217 al-salam. Dalam bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAŻ FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum Islam, bahipoetics Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbol karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhankomoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu UANG yang masing masaże negara mempunyai ketentuan sentiri i berbeda satu sama lainnya sesuai dengan penawaran i permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga timbul PERBANDINGAN NILAI MATA UANG antar negara. NaleŜy uwaŜać, Ŝe w porę roku nie ma miejsca zamieszkania. BURSA atau PASAR yang bersifat internasional daltam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Nilai mata uang negara dengan negara lainnya ini berubah (berfluktuasi) setiap saat sesuai tom permintaan dan penawarannya. Adanya permintaan and penawaran inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang sekretarz nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul: 8212gt Ada perjanjian nie jest członkiem i jest osobiście Penny menyerahkan barang and pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pembeli dan penjual mempunyai wewenang paksh melaksanakan dan melakukan tindakan-tindakan hukum (dewasa i berpikiran sehat) 2. Meczet syarat menjadi objek transaksi jūbė: Suci barangnya (bukan najis) Dapat dimanfaatkan Dapat diserahterimakan Dalej (dibeli) oleh pemiliknya sendiri atau kuasanya atas izin pemiliknya Barang sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli saham itu diperbolehkan dalam agama. 8220Jangan kamu membeli ikan dalam air, karena sesungguhnya jual beli yang demikian itu mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hambal i Al Baihaqi i Ibnu Mas8217ud) Jual beli barang yang tidak di tempat transaksi diperbolehkan dengan syarat hari diterangkan sifat-sifatnya atau ciri-cirinya. Kemudian jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak whenyar, artinya boleh meneruskan atau membatalkan jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah: 8220Barang siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak whenyar jika ia telah melihatnya8221. Jual beli hasil tanam yang masih terpendam, seperti ketela, kentang, bawangi sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, karena akan mengalami kaukazu kaukazu jika haru mengeluarkan semua hasil tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkustertutup, seperti makanan kalengan, LPG, dan sebagainya, asalkam diberi etykieta yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. cit. hal. 135. Mengenai teks kaidah hukum islam tersebut di atas, vide Al Suyuthi, Al Ashbah wa alairair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55. (Dihimpun dari beberapa sumber) PRINSIP HIDUP IMPIAN ATAU CITA-CITA YANG BERASASKAN KEPADA KEIMANAN KEPADA ALLAH SWT DENGAN MENURUTI CARA RASULULLAH SAW AKAN DAPAT MENEGUHKANMEMANTAPKAN HATI DARI SIFAT PUTUS ASA DAN AKAN SENTIASA MEMILIKI RASA KETAQWAAN YANG JITU DALAM USAHA MENANAMKAN KEYAKINAN KEPADA DIRI KE ARAH MENJADI SEORANG INSAN YANG BERJAYA DI DUNIA DAN DI AKHIRAT FALSAFAH SIBER 8220Manusia yang sentiasa menggunakan Internet untuk urusan sesuatu perkara, tetapi mereka tidak mahu merebut peluang menjana pendapatan menerusi perdagangan Internet. maka mereka ita adalah manusja yang teramat rugi di era cyfrowy ini8221 Profesor Madya Miswan Bin Surip

No comments:

Post a Comment